Rabu, 06 Januari 2010

SOAL MENEJEMEN BIAYA

KASUS 1- Just In Time
Perusahaan Lochner telah menerapkan sistem pemanufakturan dan pembelian JIT dan menggunakan akuntansi backflush untuk arus biayanya. Perusahaan ini saat ini menggunakan penyelesaian barang sebagai titik pemicu untuk mengeluarkan biaya produksi dari sistem. Selama bulan Oktober, Lochner memiliki transaksi berikut:
Bahan baku yang dibeli Rp120.000
Biaya tenaga kerja langsung 20.000
Biaya overhead 100.000
Penerapan biaya konversi 130.000*
* Biaya tenaga kerja Rp20.000 ditambah biava overhead Rp110.000
Tidak terdapat persediaan awal atau akhir. Semua barang yang diproduksi dijual dengan 40 persen markup. Segala varian ditutup pada Harga Pokok Penjualan.

Diminta:
1. Siapkan ayat jurnal selama bulan tersebut dengan menggunakan perhitungan biaya backflush.
2. Siapkan ayat jurnal selama bulan tersebut dengan menggunakan perhitungan biaya backflush, Asumsikan bahwa Lochner menggunakan penjualan barang sebagai titik pemicu kedua dibandingkan penyelesaian barang.

KASUS 2 – Membuat atau Membeli
Clarkson Manufacturing, baru saja menerima suatu penawaran dari seorang pemasok untuk membeli 6.000 unit dari komponen yang digunakan dalam produk utamanya. Komponen tersebut adalah gir yang sekarang diproduksi internal. Pemasok menawarkan untuk menjual gir dengan harga Rp44 per unit. Clarkson saat ini menggunakan sistem perhitungan biaya berdasar-unit konvensional yang membebankan overhead pada pekerjaan berdasarjam tenaga kerja langsung. Biaya penuh tradisional yang ditaksir untuk memproduksi gir diberikan di bawah ini:
Bahan-bahan langsung Rp20
Tenaga kerja langsung 10
Overhead langsung 10
Overhead langsung 32

Sebelum mengambil keputusan, CEO (direktur pelaksana) melakukan studi khusus untuk melihat apakah akan ada pengurangan biaya overhead tetap. Hasilnya dinyatakan berikut ini:
- 2 penyetelan (setup) - masing-masing Rp5.000 (Penyetelan akan dihindari dan pengeluaran total dapat dikurangi sebesar Rp5.000 per penyetelan.)
- Kurang satu inspektor diperlukan, Rp28.000.
- Kurang satu penanganan bahan diperlukan,Rp20.000.
- Pekerjaan rekayasa: 500 jam, Rp15/jam. (Meskipun pekerjaan berkurang sebesar 500 jam, insinyur yang ditugasi ke lini gir menghabiskan waktu pula untuk produk lainnya.)

Diminta:
1. Abaikan studi khusus dan tentukan apakah gir sebaiknya diproduksi internal atau dibeli dari pemasok.
2. Sekarang, dengan menggunakan data studi khusus, ulangi analisis, apakah sebaiknya diproduksi internal atau dibeli dari pemasok.

KASUS 3 - Bauran Produksi dan Kendala Ganda
Cardin Company menghasilkan dua jenis gigi roda Model #12 dan Model #15. Kondisi pasar membatasi jumlah roda gigi yang dapat dijual. Untuk Model #12, tidak lebih dari 15.000 unit yang dapat dijual, dan untuk Model #15, tidak lebih dari 40.000 unit yang dapat dijual. Setiap gigi roda harus ditakik (dibentuk) dengan mesin khusus. Cardin memiliki delapan mesin yang bersama-sama menyediakan 40.000 waktu kerja
setiap tahun. Setiap unit dari Model #12 memerlukan dua jam kerja mesin, dan setiap unit dari Model #15 memerlukan satu setengah jam kerja mesin. Kontribusi per unit Model #12 adalah Rp30, dan Model #15 adalah Rp15. Cardin ingin mengidentifikasi campuran atau bauran produk yang akan memaksimalkan margin kontribusi.
DIMINTA:
1. Formulakan masalah yang dihadapi Cardin dalam bentuk model program linear.
2. Berikan solusi bagi model program linear dalam no.1.
3. Identifikasi kendala-kendala mana yang mengikat dan kendala mana yang longgar. Juga, identifikasi kendala-kendala mana yang internal dan eksternal.

KASUS 4 – Profit, Segmen-segmen dan EVA
Dorman Inc., memanufaktur dan menjual mesin penghangat air melalui tiga divisi Southwest, Midwest, dan Northeast. Setiap divisi dievaluasi sebagai pusat laba. Data tahun lalu untuk setiap divisi adalah sebagai berikut:
(dalam ribuan rupiah)
Southwest Midwest Northeast
Penjualan Rp1.800 Rp940 Rp1.235
Harga pokok penjualan 1.080 710 740
Biaya penjualan dan administrasi 200 180 340

Tarif pajak penghasilan untuk Dorman adalah 40%.
Dorman, Inc. memiliki dua sumber pembiayaan obligasi dengan tingkat bunga 8%, yang merupakan 30% dari total investasi, dan ekuitas untuk sisa 70% dari total investasi. Dorman, Inc., telah mengerjakan bisnis ini selama lebih dari 40 tahun dan memiliki saham yang relatif stabil, di samping relasinya dengan industri konStruksi yang bersiklus. Akibatnya, saham Dorman memiliki biaya kesempatan 5%, lebih dari tarif obligasi jangka panjang pemerintah yang 6%. Total modal yang digunakan Dorman adalah Rp3 juta (Rp2.100.000 untuk Divisi Southwest, Rp500.000 untuk Divisi Midwest, dan sisanya untuk Divisi Northeast).
DIMINTA:
1. Siapkan laporan laba rugi segmen tahun lalu untuk Dorman, Inc.
2. Hitung rata-rata tertimbang biaya modal Dorman.
3. Hitung EVA untuk setiap divisi dan untuk Dorman, Inc.
4. Berikan komentar untuk kinerja tiap divisi.

KASUS 5 – Efisiensi Sikulus Manufaktur (MCE)
Sebuah perusahaan membuat sebuah produk yang mengalami aktivitas dan waktu berikut ini:

Penetapan skedul 2 jam
Pemrosesan (dua departemen) 15 jam
Pemindahan (tiga gerakan) 4 jam
Inspeksi 1 jam
Waktu tunggu (untuk proses kedua) 13 jam
Penyimpanan (sebelum pengiriman ke pelanggan) 15 jam

DIMINTA:
1. Hitung MCE untuk produk ini.
2. Diskusikan bagaimana analisis nilai proses dapat membantu memperbaiki penilaian efisiensi.

KASUS 6 – Fungsi Kerugian Taguchi dan Metode Multiplikasi
Weik Company memanufaktur sebuah komponen untuk komputer portabel. Berat komputer merupakan perhatian utama perusahaan-perusahaan manufaktur komputer. Komponen ditargetkan memiliki berat 1.000 grarn. Batas spesifikasi adalam 1.000 gram plus atau minus 50 gram. Produk-produk yang diproduksi berada di bawah batas spesifikasi 950 gram akan merugi Rp100. Sampel dari lima unit yang diproduksi adalah sebagai berikut:
Unit No. Berat Tertimbang
1 1.010
2 1.025
3 1.050
4 925
5 950
Selama kuartal pertama, 40.000 unit diproduksi.

DIMINTA:
1. Hitung kerugian tiap unit. Hitung rata-rata kerugian kelima unit sampel tersebut.
2. Dengan menggunakan rata-rata kerugian, hitung biaya kualitas yang tersembunyi untuk kuartal pertama.
3. Asumsikan bahwa multiplikasi untuk Edmund adalah 4. Berapakah biaya ekternal yang diukur?
4. Jelaskan perbedaan antara biaya yang diukur dan biaya yang tersembunyi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Porsche Cars. Powered by Blogger